MUSIC OFF

Sementara kosong

Kamis, 27 Desember 2012

Relative Dradown (Membaca Hasil Back Test)

Beberapa waktu yang lalu kita sudah mempelajari mengenai absolute drawdown maupun relative drawdown. Beberapa perhitungan drawdown ini mengindikasikan betapa pentingnya akan pembacaan kerugian yang dilakukan oleh EA. karena menyangkut dari berapa modal yang akan digunakan dan berapa kerugian yang harus ditanggung maka pengetahuan akan drawdown wajib diketahui oleh setiap trader dalam transaksi.

Dari beberapa pekan lalu, absolute merupakan nilai drawdown yang digunakan saat kerugian diderita namun profit belum sampai. Artinya absolute adalah menghitung tingkat floating sebelum terjadinya sebuah profit pada awal open.

Lain hal dengan relative drawdown, ada perbedaan yang mendasar pada arti maupun cara kerja relative drawdown. Banyak yang menyimpulkan relative hanya benar-benar sebagai tambahan dari absolute drawdown maupun maximal drawdown. Namun kenyataannya memiliki sifat yang berbeda dibanding dengan perhitungan drawdown lainnya.

Definsi Relative Drawdown
Pada intinya relative drawdown mengambil rasio dari nilai profit dan nilai floating. Perhitungan ini digunakan untuk menjalankan seberapa efektifkah keuntungan dan floating yang diderita EA. untuk itu perlu dijadikan perhitungan karena EA akan bisa dideteksi apakah tetap unggul profitnya atau lebih banyak floatingnya.


Arti yang lebih kompleks adalah rasio perhitungan antara nilai maximal drawdown dan nilai pada saat equity mengalami kerugian atau floating. Karena yang diambil adalah nilai kerugian, maka perhitungan diputuskan menggunakan dalam bentuk persen. Mengingat nilai persen lebih mudah digunakan, maka perhitungan report pada tester menggunakan nilai prosentase.

Perhitungan Relative Drawdown
Untuk menghitung secara manual, relative drawdown menempatkan perhitungan yang dilihat dari equity yang paling rendah dengan equity yang paling tinggi. Artinya equity pada akun akan memberikan tingkat floating yang paling sedikit sampai floating paling besar yang akan digunakan dalam perhitungan.

Rumus yang digunakan adalah
(((balance + profit) – (balance – floating)) / (balance + profit)) x 100 = relative drawdown

Kita ambil contoh yang bisa ditarik untuk menjadikan perhitungan manual, misalnya balance akun memiliki 100, maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

1. Akun balance dimulai dari 100
2. Ternyata saat transaksi, EA mengalami profit sekitar $10. Secara otomatis Balance akan bertambah mulai dari $100 + $10 = $110
3. Kemudian setelah EA mengalami profit, tiba-tiba mengalami floating sebesar $20. Secara otomatis Balance akan berkurang dari $100 - $20 = $8

Berapa nilai  relative drawdownnya?
Perhitungannya adalah ((110 - 80) / 110) x 100 = 27.27%

Kesimpulan
Nilai relative drawdown diartikan sebagai rasio perhitungan antara nilai profit yang belum ditutup dengan nilai floating yang belum diclose. Dari perhitungan tersebut dihitung nilai persen yang setara antara rasio maksimal drawdown dengan nilai equity saat itu.

1 komentar:

  1. Share ea dan indicator free download

    http://eaindicatorforex.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus