MUSIC OFF

Sementara kosong

Senin, 31 Desember 2012

Pentingnya Anda Tau Draw down

Oke sobat, setelah kita bahas semua tentang drawdown coba kita flash back kembali kebelakang ya..

Kata Drawdown sering kali terdengar saat EA mulai dipublikasikan, dan Drawdown sering kali diperbincangkan disaat profit EA mulai di pertunjukkan. Memang kata ini tidak akan terlepas dari perhitungan EA disaat hasil testing selesai. Pertama kali untuk dijadikan acuan untuk digunakan pada trading real, drawdown sangat membantu mengetahui tingkat floating, dengan begitu, modal yang akan dipersikan bisa diketahui secara pasti.

Arti dari drawdown sendiri merupakan sebuah kata yang melambangkan tingkat bahaya atau tidaknya EA bila digunakan dalam trading nantinya. Dalam bahasa Inggris, Drawdown berarti “penarikan atau pencairan”, sedangkan dalam arti investasi, drawdown berarti “indikator kerugian terbesar equity yang pernah dilakukan oleh EA”.

Dari sebab itu, yang paling kelihatan adalah dapat mengetahui tingkat floating suatu EA, ataupun seberapa besar modal yang harus dipersiapkan. Untuk dapat lebih jelasnya dalam mengenali tingkat floating, dan seberapa besar modal pada balance, ikuti ulasan dibawah ini :

Mengetahui Tingkat Floating
EA saat dibacktest akan selalu melakukan transaksi, dimana dapat terlihat hasil drawdown yang menunjukkan tingkat seberapa besar floating yang pernah dilakukan. Semakin besar jumlah nilai yang digunakan dalam mengcover kerugian, maka semakin besar pula tingkat Drawdown suatu EA.



Teknik dan strategi pada EA akan sangat mempengaruhi dalam tingkat floating. Berarti dalam strategi ikut dalam andil untuk menciptakan drawdown yang besar. Selain itu pula, market yang selalu fluktuatif dan volately harga yang tinggi, dapat mempengaruhi kondisi EA yang menyebabkan drawdown EA semakin besar.

Drawdown sendiri selalu ada pada saat kita melakukan backtest. Bila Anda ingin mengetahui letak dari drawdown setelah backtest pasti akan terlihat di strategi tester yang terdiri dari 3 bagian :

1. Absolute drawdown
2. Maximal drawdown
3. Relative drawdown

Mengetahui Modal yang dipersiapkan
Anda sudah mengerti floating yang tergambar pada hasil persen drawdown. Kini, Anda dapat menggambarkan modal berapa yang pantas untuk diberikan EA supaya dalam melakukan transaksi, EA tidak akan MC dalam sesaat.

Berbeda dari perhitungan money management, perhitungan modal dari drawdown dilihat seberapa modal yang akan dihabiskan EA untuk mengcover kerugian akibat dari floating, atau volatelitas harga market yang tinggi. Itu semua bisa digunakan dengan melihat persent drawdown pada backtest EA.



Anda dapat mencoba dengan menggunakan inital deposit pada tester seminimal mungkin, hingga diperbesar sampai EA benar-benar tidak MC. Dari situ, EA akan diketahui tidak MC dengan drawdown berapa saat modal yang digunakan tersebut, bila drawdownnya besar, maka modal yang diputuskan untuk dijalankan pada akun live nanti perlu diperbesar. Sehingga drawdown bisa dijadikan sebagai indikator utama dalam menyeleksi seberapa bagus tingkat keamanan balance untuk terhindari dari MC.

Kesimpulan
Drawdown dalam arti bahasa inggris disebut sebagai penarikan yang artinya dalam investasi sebagai indikator penentu batas bahaya pada EA. Bila drawdown dapat diketahui secara seksama, pasti akan diketahui seberapa besar keamanan EA dalam bentuk persen di tester. Untuk itu, diperlukan dana yang cukup sehingga bisa menghindari drawdown yang besar dan terhindari dari MC.

Nah itu tadi artikelnya.
Semoga bermanfaat ya..
Dan Tak Lupa saya ucapkan
Selamat Tahun Baru 2013, sampai jumpa ditahun depan dan lebih sukses di tahun 2013.

3 komentar:

  1. Drawdown atau DD memang penting untuk seorang trader karena dan juga investor untuk melihat kinerja dari trader sehingga investor tak ragu untuk melakukan penyimpanan dana. kalau saya sendiri sekarang DD saya masih belum ideal dan perlu ditingkatkan dan oleh karena itu dengan ikut kontes akun demo cTrader weekly di broker octafx bisa membantu hal tersebut

    BalasHapus
  2. Drawdown ini kalau dari segi penggunaan EA memang salah satu yang harus kita sangat perhatikan sebelum menggunakan EA tersebut dengan akun real. Dalam fasilitas seperti ZuluTrade yang disediakan oleh Gainscopefx.com pun Drawdown menjadi salah satu pertimbangan para traders untuk memilih traders profesional yang akan dipilihnya sebagai signal provider akun tradingnya.

    BalasHapus