MUSIC OFF

Sementara kosong

Sabtu, 21 Februari 2015

Memahami pergerakan harga Part 2

Lanjut lagi yang kemarin, kita lihat gambar berikut, ini adalah gambaran pergerakan harga di TF D1 atau harian.
Datablock terakhir adalah ringkasan pergerakan harga hari Jumat tanggal 3 Januari kemarin, kita lihat disitu pergerakan harga dimulai di 1.6448, kemudian selama dia bergerak hari itu harga mencapai titik tertingginya di 1.6474 dan titik terendahnya di 1.6395 sebelum akhirnya berakhir di 1.6403. Disini kita tahu bahwa hari Jumat itu seller dominan dan hidden potensial juga dipegang seller.
Oke kalau tadi diatas kita baru melihat "ringkasan cerita" pergerakan hari Jumat sekarang kita lihat lebih detil lagi apa yang sebetulnya terjadi pada hari itu.


Perhatikan pada gambar diatas kita melihat detil cerita pergerakan hari Jumat di TF H1, jadi kita melihat cerita pergerakannya dari jam ke jam sepanjang hari itu. Kita lihat pergerakan dimulai dari harga 1.6448  dan membentuk serangkaian gerakan naik turun yang memuncak di high 1.6474, kemudian meluncur ke low 1.6395, lalu dari situ melalui lagi serangkaian gerakan naik turun yang berakhir di close 1.6403. Kita lihat disitu tiap-tiap datablock H1 merupakan sebuah ringkasan cerita juga yang diwakili titik-titik OHLC masing-masing. Kalau mau kita bisa lihat lebih detil lagi bagaimana sebetulnya cerita yang terjadi disitu. Kita lihat contoh di jam paling akhir saja, kita lihat apa yang terjadi disitu.

Nah dengan TF m5 kita bisa lihat bagaimana cerita perjalanan harga di jam terakhir hari Jumat itu dalam periode 5 menitan. Sampai sini point-nya adalah "pergerakan besar dibentuk dari pergerakan yang kecil-kecil", dan prinsip ini kalau dibalik menjadi "akumulasi pergerakan yang kecil-kecil membentuk yang besar". Coba sekarang kita lihat bagaimana pergerakan harian di TF D1 diatas tadi ternyata secara akumulatif membentuk pergerakan yang lebih besar yaitu mingguan, kita lihat.
Ini adalah TF D1:


 Akumulasi pergerakan harian membentuk pergerakan mingguan yang digambarkan di TF W1:


Oke dapat yah sampai sini idenya tentang korelasi pergerakan besar dan pergerakan kecil, singkat saja untuk part 2 ini. Kita lanjut lagi nanti insya Allah...
 
Sumber : LINK

1 komentar:

  1. Trader yang sukses adalah trader yang bisa memahami semua pergerakan harga dengan benar dan memang sebaiknya trader menjalankan trading dengan hasil yang terbaik menggunakan konsep manajeman yang jelas dalam memahami pergerakan harga. Untuk hal ini, sekarang ini saya sedang berusaha untuk bisa lebih optimum dalam trading yang sekarang saya lakukan di broker octafx

    BalasHapus